Minggu, 22 Maret 2009

ada dedemit cuii

Ulah iseng dedemit maya membuat geli sekaligus bingung pengguna jalan di Texas. Bagaimana tidak, sebuah tanda jalan digital diubah agar menunjukkan 'jalan menuju zombie'.
Para pegawai di kantor transportasi Texas pun dibuat kelabakan akibat ulah jail para hacker itu. Sebuah tanda jalan yang dioperasikan digital, hurufnya telah diacak-acak sehingga menimbulkan tulisan 'Zombies Ahead' seakan-akan jalan yang dipasangi tanda itu adalah menuju Zombie. Rambu ini tepatnya berada di Lamar Boulevard dan West 15th Street, Austin, Texas, Amerika Serikat.
Dilansir dari blog i-hacked.com yang dikutip detikINET dari FoxNews, Jumat (30/1/2009), beberapa tanda jalan dengan mudahnya diacak-acak karena panel kendalinya seringkali tidak dikunci (unlocked)dan passwordnya tidak diganti. Namun meski begitu, i-hacked.com juga memperingatkan pembaca agar tidak melakukan hal serupa.
Di balik insiden ini, ada hikmah yang bisa diambil. Departemen Transportasi di Texas kini harus memberi perhatian lebih pada keamanan sistem yang mereka miliki, baik yang benar-benar digital maupun yang fisik seperti tanda jalan seharga USD 15.000 itu.
Meski hanya iseng, pejabat setempat memperingatkan bahwa mengganggu tanda jalan punya potensi menimbulkan kecelakaan di jalan. Selain itu, di Austin, Texas, pelakunya bisa dikenai pasal gangguan umum dan terkena denda atau kurungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar