Minggu, 22 Maret 2009

INDONESIA

JAKARTA: Indonesia memiliki arti strategis bagi situs blog WordPress, karena menempati peringkat ketiga dunia dari sisi lalu lintas anggota komunitas situs tersebut.
"Di antara negara pengakses WordPress.com, Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia dengan porsi sebesar 6,3% dari total trafik WordPress di dunia," tulis laporan WordPress.
Laporan itu menyebutkan Amerika Serikat sebagai negara asal pendiri WordPress memiliki porsi sebesar 24,7%, diikuti kemudian India 7,1%, Indonesia 6,3%, Jerman 5,1%, dan Brasil 4,7%.
Di Indonesia WordPress menempati peringkat ke-8 sebagai situs terbanyak di akses.
Menurut data dari WordPress, saat ini ada 2,6 juta pengguna peranti lunak blog WordPress di dunia. Kunjungan per halaman meningkat dari 1,5 miliar per bulan menjadi 6,5 miliar per bulan.
Setiap bulan ada sebanyak 120-160 juta alamat domain Internet yang mengunjungi situs pemakai WordPress. Ada sebanyak 2 juta blog baru dibuat setiap tahunnya dan 35 juta blog post baru.
Adapun dari sisi bahasa, pada 2008 WordPress mencatat bahasa Indonesia dipakai sebesar 5% dari keseluruhan blog atau berada di urutan ketiga sebagai bahasa yang paling banyak dipakai.
Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan dengan persentase 66%, diikuti kemudian di peringkat kedua bahasa Spanyol sebanyak 8%, ketiga Indonesia 5%, keempat Portugis 4%, Italia 2%, Turki 1,5%, dan 9,5% dalam bahasa lainnya.
Pekan lalu, WordPress menggelar WordCamp di Indonesia selama 17-18 Januari. WordCamp adalah sebuah konferensi untuk pengguna dan pengembang WordPress kini diadakan di Indonesia pada 17-18 Januari 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar